Pemimpin Oposisi Korsel, Lee Jae Myung Ditikam di Leher Hingga Tersungkur ke Tanah

Ahmad Islamy Jamil
Pemimpin oposisi Korea Selatan dari Partai Demokrat, Lee Jae Myung, tersungkur setelah ditikam orang tak dikenal di Busan, Selasa (2/1/2024). (Foto: Reuters)

SEOUL, iNewsSidoarjo.id – Pemimpin oposisi Korea Selatan dari Partai Demokrat, Lee Jae Myung, ditikam di bagian lehernya saat berkunjung ke Busan, kota pelabuhan yang berada di bagian selatan negeri itu. Insiden tersebut diungkapkan oleh kantor berita Yonhap, Selasa (2/1/2024).

Menurut media Korsel tersebut, Lee diserang oleh orang tak dikenal saat mengunjungi lokasi rencana pembangunan bandara. Pelaku penikaman tampaknya seorang pria berusia 50-an atau 60-an tahun.

“Penyerang dengan cepat dilumpuhkan dan ditangkap di tempat kejadian,” kata Yonhap, dilansir dari iNews.id pada Selasa (2/10/2024).

Kronologi terjadi saat pria tersebut mendekati Lee untuk meminta tanda tangan, lalu tiba-tiba menerjang ke depan dan menyerangnya. Meskipun terdapat pembatasan ketat terhadap kepemilikan senjata, Korea Selatan memiliki sejarah kekerasan politik yang melibatkan jenis senjata lain.

Adapun kejadian yang sama pada 2006 silam, pemimpin partai oposisi konservatif Park Geun Hye—yang kemudian menjabat sebagai presiden Korsel—diserang di sebuah acara dengan pisau. Kala itu, dia menderita luka di wajahnya sehingga harus menjalani operasi.

Terlihat klip video yang ditayangkan di televisi YTN dan video lain yang diposting di platform X (Twitter) menunjukkan seorang pria menerjang Lee dengan tangan terentang.

Lee tampak meringis dan langsung tersungkur ke tanah.

Terdapat juga foto-foto berita menunjukkan Lee terbaring di tanah dengan mata tertutup dan orang lain menempelkan sapu tangan ke sisi lehernya.

Saat ini, Lee telah dilarikan ke rumah sakit, menurut Yonhap. iNewsSidoarjo

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network