Buktikan Komitmen Pengembangan Masyarakat, Direktur Utama PEPC Blusukan ke Lokasi Program

Tim iNewsSidoaro.id
Direktur Utama PEPC, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina, Endro Hartanto saat mengunjungi salah satu penerima program di Kab. Bojonegoro.(Foto:Ist)

BOJONEGORO, iNewsSidoarjo.id-Untuk memastikan program pengembangan masyarakat (PPM), PT Pertamina EP Cepu (PEPC), berjalan dengan baik bagi penerima manfaat. Direktur Utama PEPC, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina, Endro Hartanto mengunjungi beberapa lokasi penerima program yang berada di Kabupaten Bojonegoro. Kamis (20/7/).

Kunjungan itu sekaligus untuk memonitor secara langsung berbagai aspek manfaat ekonomi, lingkungan, sosial juga pengelolaannya telah sesuai dengan rancangan awal, sebagai bagian dari program Management Goes to Community. Melalui PPM, PEPC Zona 12 (JTB) sejak awal beroperasi, telah berupaya membantu pemerintah dalam meningkatkan pembangunan kesejahteraan masyarakat di sekitar wilayah operasi.

Direktur Utama PEPC, Regional Indonesia Timur, Subholding Upstream Pertamina, Endro Hartanto menjelaskan, perusahaan berkomitmen dalam pengelolaan lingkungan dan sosialnya secara berkelanjutan.

"kontribusi PEPC dalam program pengembangan masyarakat yang selama ini dilaksanakan, memberi banyak kemanfaatan bagi warga desa sekitar, terutama dalam peningkatan kualitas kehidupan mereka," jelasnya.

Lebih jauh Endro mengatakan, senang dapat mengunjungi beberapa program pengembangan masyarakat di wilayah Bojonegoro. Menurutnya program-program ini dapat menjadi media interaksi yang baik antara perusahaan dan warga masyarakat sekitar lapangan JTB.

"Dengan PPM ini kami dapat saling berkomunikasi dengan warga masyarakat. Semoga potensi-potensi yang ada dapat dikembangkan lagi sehingga makin banyak manfaat yang didapatkan oleh masyarakat luas," kata Endro.

Terpisah, Karang Taruna Lima Bersaudara, di Desa Bandungrejo, Kecamatan Ngasem, yang merupakan salah satu kelompok penerima manfaat dari PPM PEPC JTB, nampak antusias mendapat kunjungan dari Direktur Utama PEPC.

Mereka mengaku bangga bisa dikunjungi langsung oleh pemimpin tertinggi PEPC, dimana mereka berkesempatan menyampaikan perkembangan usaha yang didukung oleh PEPC JTB itu.

Kepala Unit Usaha Karang Taruna Lima Bersaudara, Dedi Dian Winandra mengungkapkan kegembiraannya bisa bertemu langsung dengan top manajemen yang selama ini mendukung usahanya.

Menurutnya, saat ini produksi hasil usaha mereka sudah mampu menembus 94 persen dari total populasi ayam. Dari jumlah tersebut mereka rata-rata dapat menjual telur sebanyak 2.500 butir lebih atau 140 kilogram telur setiap harinya.

"Alhamdulillah sangat senang dikunjungi Pak Dirut ke kandang ayam. Selama ini usaha budidaya ayam petelur berjalan lancar, produksinya sudah mencapai 94 persen. Usaha ini telah membantu secara ekonomi," ungkapnya.

Dengan usahanya ini, masyarakat dapat hasil dan manfaat positif. Untuk penyerapan telur pun, setiap hari selalu terjual habis. Usaha ayam petelur sendiri dikelola oleh para anggota karang taruna yang rata-rata adalah mantan tenaga kerja yang dahulu bekerja di Proyek Pengembangan Gas Lapangan Unitisasi Jambaran-Tiung Biru.

Dengan demikian PPM ini menjadi salah satu solusi dalam penanganan tenaga kerja pasca fase project JTB.

Selain melihat usaha ayam petelur, Direktur Utama PEPC juga mengunjungi PPM PEPC JTB lainya yaitu penyulingan minyak atsiri oleh kelompok tani hutan serta pengolahan sampah organik oleh kelompok Bank Sampah Mandiri Keluarga Harapan (BSM-KH).

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network