Dibangun Tanpa Uang APBN, Ini Daftar Proyek Transportasi Masa Depan

Fayha Afanin Ramadhanti , Okezone
Pemerintah Siapkan Kereta Cepat Jakarta-Surabaya. ( Foto: okezone)

JAKARTA, iNewsSidoarjo.id-Pemerintah menyiapkan proyek jangka panjang untuk transportasi Indonesia. Dalam membangunnya, proyek-proyek transportasi itu rencananya dikerjakan tidak menggunakan uang negara.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menjelaskan, pendanaan akan diupayakan melalui skema pendanaan kreatif non APBN.

Misalnya, pembangunan angkutan massal seperti MRT, pembangunannya dilakukan secara jangka panjang dan bertahap. Lebih jauh Menhub mengatakan, rencana jangka panjang disiapkan untuk memproyeksikan kebutuhan infrastruktur transportasi di masa depan.

"Tentunya rencana jangka panjang dipersiapkan secara matang dengan melibatkan berbagai Kementerian/Lembaga dan juga pihak terkait lainnya, untuk bersama-sama membahasnya,” tutur Menhub, beberapa waktu lalu.

Termasuk, pemerintah harus pula menyiapkan bagaimana mekanisme pendanaannya. Untuk proyek yang memiliki tingkat komersialitas yang tinggi seperti kereta cepat, nantinya pemerintah akan memanfaatkan skema kerja sama pemerintah dengan badan usaha (KPBU), baik BUMN atau swasta nasional maupun asing.

“Di tengah keterbatasan kemampuan APBN, kami harus mencari alternatif melalui pendanaan kreatif. Sehingga tidak mengganggu APBN yang diprioritaskan untuk kebutuhan yang lebih mendasar,” ucap Menhub.

Adapun proyek transportasi dalam jangka panjang yang direncanakan pemerintah seperti, Kereta Cepat Jakarta-Surabaya. Transportasi ini diproyeksikan akan melewati sejumlah kota yakni, Jakarta-Karawang-Bandung-Kertajati-Purwokerto-Yogyakarta-Solo-Madiun-Surabaya.

Nantinya perjalanan kereta cepat dari Jakarta-Surabaya ini akan dapat ditempuh dengan kurun waktu 4 jam saja.

"Dengan adanya kereta cepat ini diharapkan akan menumbuhkan titik-titik ekonomi baru di sejumlah daerah yang dilalui," kata Menhub.

Di samping Kereta Cepat Jalur Selatan, direncanakan juga KA Semi Cepat Surabaya Lewat Utara. Selain itu direncanakan angkutan masal perkotaan MRT dan LRT tidak saja di Jakarta tapi juga kota lainnya seperti Surabaya, Bandung, Medan, Makassar, Semarang dan Bali.

Untuk merealisasikan mega proyek transportasi tersebut, pemerintah berencana untuk melakukan studi yang melibatkan lembaga keuangan dunia seperti Bank Dunia, Asian Development Bank (ADB), Japan International Cooperation Agency (JICA), dan konsultan lainnya dari mancanegara.

“Terlepas dari pembahasan rencana jangka panjang pembangunan Kereta Cepat Jakarta - Surabaya, saat ini kami tengah fokus untuk menyelesaikan pembangunan Kereta Cepat Jakarta - Bandung yang ditargetkan sudah dapat beroperasi pada tahun 2023 mendatang,” ujar Menhub.

Editor : Yoyok Agusta Kurniawan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network