Baru Dilantik, Inilah 5 Wakil Rektor UGM

Kuntadi
Lima Wakil Rektor baru UGM diambil sumpah dan janjinya.(foto: istimewa)

SLEMAN, iNews.id - Lima wakil rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) untuk masa bakti 2022-2027, dilantik di ruang Balai Senat, Gedung Pusat UGM, Jumat (29/7/2022). Pelantikan itu dipimpin langsung Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Prof Ova Emilia.

Kelima Wakil Rektor yang dilantik, Wakil Rektor Bidang Pendidikan dan Pengajaran Wening Udasmoro, Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengembangan Usaha dan Kerja Sama Ignatius Susatyo Wijoyo.

Selain itu Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan, Pengabdian kepada Masyarakat dan Alumni Arie Sujito. Selanjutnya Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Keuangan Supriyadi dan Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Aset, dan Sistem Informasi Arief Setiawan Budi Nugroho.

Komposisi wakil rektor ini cukup unik karena menggabungkan kalangan akademisi dan praktisi. Wakil rektor yang baru dilantil itu menggantikan wakil rektor periode 2017-2022, yakni Wakil Rektor Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Kemahasiswaan Djagal Wiseso Marseno, Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Keuangan dan Sistem Informasi Supriyadi.

Selain itu, Wakil Rektor Bidang Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Ika Dewi Ana, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya Manusia dan Aset Bambang Agus Kironoto, dan Wakil Rektor Bidang Kerja Sama dan Alumni Paripurna Sugarda.

“Selamat kepada wakil rektor yang baru dilantik semoga bisa mengemban amanah dengan penuh kedisiplinan dan tanggung jawab. Sebab penghormatan, tanggung jawab dan kepercayaan yang telah diberikan menjadi marwah yang harus dijaga selama menjalankan tugas, dalam satu kesatuan tim kerja,” kata Ova.

Menurutnya, UGM memiliki tantangan besar menghadapi kompleksitas perubahan lingkungan di masa depan. Sebagai PTNBH, UGM bukanlah entitas tunggal. Namun merupakan institusi akademik dengan tiga atau empat dharmanya. Karakter yang kuat ini menjadi tantangan tersendiri, agar mampu memberdayakan entitas menjadi potensi besar untuk menggapai visi dan misi.

“Perubahan tata kelola dalam periode kepemimpinan ini menjadi sebuah kebutuhan untuk membawa UGM menjadi organisasi yang lebih dinamis dan produktif,” ujarnya. Komposisi wakil rektor ini juga menggabungkan akademisi dan praktisi.

Sinergi dari dua kekuatan ini diharapkan bisa menjadi daya dorong transformasi untuk membangun negeri tanpa menanggalkan keutamaan jati diri UGM. Kalangan praktisi ini Ignatius Susatyo Wijoyo berasal dari luar kampus UGM. Pemilihan figur praktisi untuk mewujudkan reputasi akademik yang unggul melalui penelitian translasional yang inovatif, produktif dan berdampak bagi masyarakat.

Dalam kesempatan ini juga dilantik tiga pejabat Wakil Dekan dari Fakultas Peternakan, yakni Ahmad Romadhoni Surya Putra, Andriyanti Astuti dan Yuny Erwanto.

Artikel ini telah tayang di iNewsYogya.id, baca selengkapnya di link berikut ini :

https://yogya.inews.id/berita/gabungkan-akademisi-dan-praktisi-ini-5-wakil-rektor-baru-ugm/all

Editor : Nanang Ichwan

Bagikan Artikel Ini
Konten di bawah ini disajikan oleh Advertiser. Jurnalis iNews Network tidak terlibat dalam materi konten ini.
News Update
Kanal
Network
Kami membuka kesempatan bagi Anda yang ingin menjadi pebisnis media melalui program iNews.id Network. Klik Lebih Lanjut
MNC Portal
Live TV
MNC Network